Sunday, October 12, 2014

Definisi Uang

“Hai guys,..... ekonomi kelas x .blogspot.com kali ini akan membahas tentang Definisi Uang. Postingan  ini diharapkan dapat membantu kalian semua dalam memahami sistem pembayaran yang ada di Indonesia.

Banyak sekali definisi tentang uang, berikut ini adalah pendapat para ahli tentang apa yang dimaksud dengan uang.

1. Menurut A.C. Pigou
A. C. Pigou dalam bukunya The Viel of Money menyatakan bahwa uang adalah segala sesuatu yang umum dipergunakan sebagai alat penukar (money are those things that are widely used as a media  for exchange).

2. Menurut Robertson
Robertson dalam bukunya Money menyatakan bahwa uang adalah segala sesuatu yang umum diterima dalam pembayaran barang-barang (money is something whish is widely accepted in payments for goods).

3. Menurut Albert Gailort Hart
Albert Gailort Hart dalam bukunya Money Debt and Ekonomic Activity menyatakan, uang adalah kekayaan yang dengannya si empunya dapat melunaskan utangnya dalam jumlah yang tertentu pada waktu itu juga (money is property with which the owner can pay off the debt with certainly without delay).

4. Menurut R. S. Sayers
R. S. Sayers dalam bukunya Modern Banking menyatakan bahwa uang adalah segala sesuatu yang umum diterima sebagai pembayar utang (money is something that is widely accepted for the settlement for debts).

5. Menurut Rollin G. Thomas
Rollin G. Thomas dalam bukunya Our Modern Banking and Monetary System menyatakan bahwa uang adalah segala sesuatu yang siap sedia dan pada umumnya diterima umum dalam pembayaran pembelian barang, jasa, dan untuk membayar utang (money is something that is readily and generaly accepted by the public and payment of debts).

Dari definisi-definisi di atas dapat kita simpulkan bahwa uang adalah segala sesuatu (maksudnya benda apa saja) asal mendapatkan pengakuan secara umum dan dapat dijadikan alat pembayaran. Atau dengan kata lain uang adalah alat pembayaran yang sah.

Oleh karena itu uang dapat berbentuk apa saja, tetapi tidak berarti segala sesuatu merupakan uang. Misalnya, ada uang kertas yang digunakan sebagai alat pembayaran transaksi, tetapi tidak semua kertas merupakan uang. Bukan karena harga kertasnya yang murah, tetapi karena tidak diterima atau dipercaya oleh masyarakat umum sebagai alat pembayaran.

Uang dapat digunakan sebagai alat pembayaran atau transaksi, jika memenuhi syarat-syarat, berikut:
  • diterima oleh umum (acceptibility);
  • mudah disimpan dan dipindahtangankan (portibility);
  • tahan lama dan tidak cepat rusak (durability);
  • dapat dibagi-bagi dan tidak mengurangi nilai (divisibility);
  • nilainya stabil atau tetap (stability of value);
  • jumlahnya memenuhi kebutuhan.

Sumber :
  • Eko, Yuli. 2009. Ekonomi 1 : Untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
  • Widjayanto, Bambang , DKK. 2009. Mengasah Kemampuan Ekonomi 1: Untuk SMA/ MA. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional


No comments: