Sunday, September 7, 2014

Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)

“Hai guys,..... ekonomi kelas x .blogspot.com kali ini akan membahas tentang Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran). Postingan  ini diharapkan dapat membantu kalian semua dalam menganalisis dan mendeskripsikan konsep permintaan dan penawaran dalam perekonomian.

1. Pergerakan Kurva Permintaan

Pergerakan kurva permintaan merupakan pergerakan yang terjadi di sepanjang kurva permintaan yang diakibatkan oleh berubahnya jumlah produk yang diminta konsumen sebagai akibat dari perubahan harga produk tersebut.

Jadi, jelas bahwa yang menyebabkan adanya pergerakan di sepanjang kurva permintaan adalah karena perubahan harga produk yang bersangkutan. Pergerakan ini sejalan dengan Hukum Permintaan, yaitu ketika harga barang naik, maka jumlah permintaan akan turun, sehingga titik pada kurva permintaan akan bergerak ke kiri.

Untuk lebih jelasnya, kami tampilkan dalam contoh kurva berikut ini:

Pergerakan Kurva Permintaan

Dalam kurva permintaan di atas, diketahui bahwa harga es krim naik dari $1.00 menjadi $2.00 sebagai akibat dari adanya pajak (tax).

Peningkatan harga es krim ini mengakibatkan jumlah permintaan es krim  turun dari 8 menjadi 4, dan terjadi pergerakan di sepanjang kurva permintaan yaitu dari titik A ke B.

2. Pergeseran Kurva Permintaan

Pergeseran kurva permintaan menunjukkan adanya perubahan permintaan terhadap suatu barang yang disebabkan oleh perubahan faktor-faktor di luar harga barang itu sendiri. Faktor- faktor tersebut adalah pendapatan, selera, jumlah, penduduk, promosi perusahaan, dan ramalan di masa datang. Setiap perubahan yang meng- akibatkan pertambahan jumlah permintaan pada suatu tingkat harga tertentu, akan menggeser kurva permintaan ke kanan. Sebaliknya, setiap perubahan yang menurunkan jumlah permintaan akan menggeser kurva permintaan ke kiri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa,perubahan atau pergeseran kurva permintaan disebabkan oleh faktor bukan harga yang memengaruhi permintaan.

Pergeseran kurva permintaan secara ilustratif dapat digambarkan sebagai berikut:



*) Kurva ini berlaku dengan asumsi ketika faktor permintaan berubah

3. Pergerakan Kurva Penawaran

Pergerakan kurva penawaran merupakan pergerakan yang terjadi di sepanjang kurva penawaran yang diakibatkan oleh berubahnya jumlah produk yang ditawarkan produsen sebagai akibat dari perubahan harga produk tersebut.

Jadi, jelas bahwa yang menyebabkan adanya pergerakan di sepanjang kurva penawaran adalah karena perubahan harga produk yang bersangkutan. Pergerakan ini sejalan dengan Hukum Penawaran, yaitu ketika harga barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan bertambah, sehingga titik pada kurva penawaran akan bergerak ke kanan.

Untuk lebih jelasnya, kami tampilkan dalam contoh kurva berikut ini:


Dalam kurva penawaran di atas, diketahui bahwa harga es krim naik dari $1.00 menjadi $3.00.

Peningkatan harga es krim ini mengakibatkan jumlah penawaran es krim  bertambah dari 1 menjadi 5, dan terjadi pergerakan di sepanjang kurva penawaran yaitu dari titik A ke C.

4. Pergeseran Kurva Penawaran

Seperti halnya kurva permintaan, kurva penawaran pun mengalami pergeseran. Setiap perubahan yang menyebabkan meningkatnya penawaran, akan menggeser kurva penawaran ke kanan. Sebaliknya, setiap perubahan yang menyebabkan jumlah penawaran menurun, akan menggeser kurva penawaran ke kiri. Perubahan harga menimbulkan gerakan sepanjang kurva penawaran. Sementara itu perubahan faktor- faktor lain di luar harga menimbulkan pergeseran kurva tersebut.

Pergeseran kurva penawaran dapat digambarkan secara ilustratif sebagai berikut.



*) Kurva ini berlaku dengan asumsi ketika faktor penawaran berubah

Sumber :
Indriayu, Mintasih.2009. Ekonomi : Untuk SMA/ MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

2 comments:

Anonymous said...

Terima kasih, postinganya sanfat bermanfaat.....

Anonymous said...

makasih, sangat bermanfaat postingannya.