Monday, September 15, 2014

Peran Bank Sentral dan Umum

“Hai guys,..... ekonomi kelas x .blogspot.com kali ini akan membahas tentang Peran Bank Sentral dan Umum. Postingan  ini diharapkan dapat membantu kalian semua mendeskripsikan serta menyajikan peran dan produk dari bank, lembaga keuangan bukan bank, OJK dan bank sentral.”

A. Peran Bank Sentral

Bank sentral merupakan institusi keuangan yang didirikan dan diberi tugas untuk mengawasi dan mengatur kegiatan institusi keuangan lain dalam sistem finansial. Bank sentral mempunyai peran yang sangat penting bagi suatu negara.

Berikut ini beberapa peran bank sentral bagi pemerintah.

1. Sebagai bank sirkulasi
Bank Indonesia mempunyai hak tunggal untuk mencetak dan mengedarkan uang kertas dan uang logam, yang merupakan alat pembayaran yang sah di wilayah Republik Indonesia.

2. Bank Indonesia sebagai bank sentral yang memiliki wewenang, antara lain:
menetapkan peraturan, memberikan, dan membuat izin atas kelembagaan dan kegiatan usaha perbankan, melaksanakan pengawasan serta mengenakan sanksi bila dipandang perlu terhadap bank- bank umum;
  • mengatur lalu lintas pembayaran giral dan kliring antarbank;
  • menetapkan tingkat dan struktur bunga diskonto;
  • menetapkan pembatasan kuantitatif dan kualitatif atas pemberian kredit oleh perbankan; dan
  • memberikan bantuan kredit likuiditas kepada bank-bank umum.

3. Bank Indonesia bertindak sebagai pemegang kas negara.

4. Dalam kaitannya dengan dunia internasional
Bank Indonesia melaksanakan kebijakan tukar rupiah, mengawasi, dan mengoordinasi pembayaran internasional, mengelola cadangan devisa, dan memelihara keseimbangan neraca pembayaran.

B. Peran Bank Umum

Sama halnya dengan bank sentral, bank umum juga memiliki beberapa peran bagi suatu negara. Berikut ini peran bank umum.

1. Menyediakan Berbagai Jasa Perbankan
Bank umum sebagai penyedia jasa, baik di bidang yang ada kaitannya dengan keuangan maupun yang tidak berkaitan dengan keuangan. Jasa yang diberikan bank seperti pengiriman uang dari satu tempat ke tempat lain, pembukaan letter of credit, jual beli dan pelayanan cek perjalanan, kartu kredit, ATM, dan sebagainya.

2. Sebagai Jantungnya Perekonomian
Bank umum diibaratkan sebagai jantungnya perekonomian negara. Uang mengalir ke dalam bank, kemudian oleh bank diedarkan kembali ke dalam sistem perekonomian agar proses perekonomian tetap berjalan. Proses ini berlangsung secara terus menerus. Dengan demikian, sistem perbankan suatu negara penting bagi perekonomian negara.

3. Melaksanakan Kebijakan Moneter
Bank umum berperan pula sebagai wahana untuk mengefektifkan kebijaksanaan pemerintah melalui pengendalian jumlah uang yang beredar. Cara bank umum mengefektifkan kebijakan moneter yaitu dengan menjalankan kebijaksanaan bank sentral.

Sumber :

Indriayu, Mintasih.2009. Ekonomi : Untuk SMA/ MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional 

No comments: