Saturday, September 6, 2014

Pasar Persaingan Sempurna

“Hai guys,..... ekonomi kelas x .blogspot.com kali ini akan membahas tentang Pasar Persaingan Sempurna. Postingan  ini diharapkan dapat membantu kalian semua dalam mendeskripsikan konsep  pasar dan  terbentuknya harga pasar  dalam perekonomian.

Pasar persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal, karena akan menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang atau jasa yang tinggi (optimal). Hal ini dikarenakan di pasar persaingan sempurna terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual maupun pembeli tidak dapat memengaruhi keadaan di pasar, karena penjual dan pembeli masing-masing hanya merupakan bagian kecil dari pasar secara keseluruhan. Kita lihat saja di pasar tradisional, yang terdapat berbagai jenis barang seperti wortel, kentang, cabai, bawang, dan lain-lain.

Masing-masing penjual tidak dapat menentukan harga karena harga yang menentukan adalah pasar yaitu dari banyaknya jumlah penawaran dan permintaan. Apabila salah satu di antara banyak penjual-penjual wortel yang menjual wortelnya di atas harga pasar, maka tentu wortelnya tidak akan laku, karena pembeli akan mencari penjual wortel lain yang menjual sesuai harga pasar. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna selengkapnya dapat kalian lihat di bawah ini.

a. Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna
  1. Terdapat Banyak Penjual dan Pembeli Seorang penjual tidak dapat memengaruhi harga pasar. Satu-satunya unsur yang dikuasainya hanyalah kuantitas barang yang ditawarkan. Apabila penjual menawarkan barang, maka kuantitas yang ditawarkan relatif sangat kecil terhadap keseluruhan kuantitas pasar. Dengan demikian perubahan yang dilakukannya tidak membawa pengaruh apa-apa bagi harga di pasar. Demikian pula dengan pembeli. Kuantitas barang yang dibelinya merupakan kuantitas yang sangat sedikit sekali apabila dibandingkan dengan kuantitas pembelian seluruhnya di pasar. Jadi, jika pembeli mengurangi pembeliannya dengan maksud agar harga di pasar turun, maka tindakan tersebut tidak akan memengaruhi kondisi pasar, karena masih banyak calon pembeli lain yang menggantikannya. Oleh sebab itu, pembeli dan penjual dikatakan sebagai price taker (pengambil harga).
  2. Barang yang Diperjualbelikan Homogen (Sama/Serupa) Barang yang dihasilkan di pasar persaing- an sempurna ini bersifat homogen, artinya barang yang diproduksi oleh seorang produsen merupakan barang substitusi sempurna dari barang yang sama yang diproduksi oleh produsen lain. Oleh karena itu, konsumen bersikap indifferen terhadap kelompok penjual, karena bagi konsumen semua penjual adalah sama saja, sebab barang yang dibutuhkan praktis tidak ada bedanya. Contohnya, gula atau minyak tanah.
  3. Pembeli dan Penjual Mempunyai Pengetahuan Sempurna Mengenai Pasar Pembeli dan penjual harus mempunyai pengetahuan yang sempurna mengenai keadaan di pasar. Artinya, mereka perlu mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan atas harga tersebut. Dengan demikian baik pembeli maupun penjual akan sulit mempermainkan harga.
  4. Adanya Kebebasan Keluar Masuk Pasar Baik konsumen maupun produsen bebas menentukan kapan ia membuka dan menutup usaha atau bebas kapan mau membeli atau tidak membeli produk.

b. Kebaikan Pasar Persaingan Sempurna
  1. Pembeli Bebas Memilih Produk karena Barang Banyak Karena terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang banyak, pembeli bebas memilih produk.
  2. Tidak Ada Hambatan dalam Mobilitas Sumber- Sumber Ekonomi dari Satu Usaha ke Usaha Lain atau dari Lokasi Satu ke Lokasi yang lain Karena tidak ada hambatan dalam mobilitas sumber-sumber ekonomi, maka perusahaan-perusahaan akan menambah skala produksinya dan merangsang adanya perluasan kapasitas produksi maupun pendirian pabrik-pabrik baru.
  3. Dapat Memaksimumkan Efisiensi Seluruh sumber-sumber daya yang tersedia sepenuhnya digunakan dan corak penggunaannya adalah sedemikian rupa sehingga tidak terdapat corak penggunaan yang lain yang dapat menambah kemakmuran masyarakat.
  4. Kebebasan Bertindak dan Memilih Di dalam pasar persaingan sempurna tidak seorang pun mempunyai kekuasaan dalam menentukan harga, jumlah produksi, dan jenis-jenis barang yang diproduksikan. Adanya kebebasan untuk memproduksi berbagai jenis barang maka masyarakat mempunyai pilihan yang lebih banyak terhadap barang-barang dan jasa-jasa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhannya.

c. Keburukan Pasar Persaingan Sempurna
Selain mempunyai beberapa kelebihan, pasar persaingan sempurna mempunyai beberapa kelemahan. Berikut ini beberapa kelemahannya.
  1. Tidak Mendorong Inovasi Di dalam pasar persaingan sempurna teknologi dapat dicontoh dengan mudah oleh perusahaan lain. Akibatnya, suatu perusahaan tidak dapat memperoleh keuntungan yang maksimal dari pengembangan teknologi dan teknik memproduksi yang baru tersebut. Meskipun pada mulanya perusahaan tersebut dapat menaikkan efisiensi dan menurunkan biaya-biaya. Keadaan ini menyebabkan perusahaan-perusahaan tidak terdorong untuk melakukan perkembangan teknologi dan inovasi.
  2. Membatasi Pilihan Konsumen Karena barang yang dihasilkan perusahaan-perusahaan adalah seratus persen sama, membuat konsumen mempunyai pilihan yang terbatas untuk menentukan barang yang akan dikonsumsinya.
  3. Distribusi Pendapatan yang tidak Merata/Tidak Seimbang Suatu corak distribusi pendapatan tertentu menimbulkan suatu pola permintaan tertentu dalam masyarakat. Pola per- mintaan tersebut akan menentukan bentuk pengalokasian sumber-sumber daya. Ini berarti distribusi pendapatan menentu- kan bagaimana bentuk dari penggunaan sumber-sumber daya yang efisien. Jika distribusi pendapatan tidak merata, maka penggunaan sumber-sumber daya yang dialokasikan secara efisien akan lebih banyak digunakan untuk kepentingan segolongan tertentu.

Sumber :
Indriayu, Mintasih.2009. Ekonomi : Untuk SMA/ MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional 

No comments: