Sunday, September 7, 2014

Kurva Permintaan dan Penawaran

“Hai guys,..... ekonomi kelas x .blogspot.com kali ini akan membahas tentang Kurva Permintaan dan Penawaran. Postingan  ini diharapkan dapat membantu kalian semua dalam menganalisis dan mendeskripsikan konsep permintaan dan penawaran dalam perekonomian.



1. Kurva Permintaan

Kurva permintaan adalah kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang yang diminta pembeli. Dengan menggunakan skedul permintaan, besarnya permintaan barang dan jasa pada berbagai tingkat harga dapat diketahui  dengan mudah.

Dalam menganalisis permintaan perlu diketahui perbedaan antara dua istilah yaitu permintaan dan jumlah barang yang diminta. Permintaan adalah keseluruhan dari kurva permintaan. Jadi permintaan menggambarkan keadaan keseluruhan dari hubungan antara harga dan jumlah permintaan. Adapun jumlah barang yang diminta adalah banyaknya permintaan pada suatu tingkat harga tertentu. Untuk menggambarkan kurva permintaan tolok ukur yang digunakan adalah faktor harga. Faktor-faktor lain dianggap tetap atau konstan.

Untuk lebih jelasnya, simaklah model skedul dan kurva permintaan berikut.

Skedul Permintaan

Kurva Permintaan

Kurva permintaan mempunyai slope negatif, artinya bergerak dari kiri atas ke arah kanan bawah. Hal ini dapat dilihat pada kurva 5.1 yang menunjukkan turunnya harga barang X dari 600 menjadi 500, mengakibatkan bertambahnya jumlah barang yang diminta dari 40 unit menjadi 50 unit (titik A berpindah ke titik B sepanjang kurva D) dan seterusnya. Semakin turun harganya, jumlah barang yang diminta semakin banyak, sehingga kurva bergerak dari kiri atas ke kanan bawah. Pergerakan sepanjang kurva permintaan menunjukkan bahwa bertambah atau berkurangnya permintaan terhadap suatu barang disebabkan oleh perubahan harga barang itu sendiri.

Permintaan terhadap suatu barang dapat dilihat dari dua sudut, yaitu permintaan yang dilakukan oleh individu dan permintaan yang dilakukan oleh semua individu dalam pasar. Sejauh yang telah dijelaskan pada di atas adalah kurva permintaan individu. Untuk memperoleh permintaan pasar, kita dapat menjumlahkan permintaan individu-individu dalam pasar.

Contoh permintaan individu dan permintaan pasar dapat kalian perhatikan berikut ini.

Model Skedul Permintaan individe dan Pasar
Model Kurva Permintaan ali
model kurva permintaan ade
Model kurva permintaan pasar


2. Kurva Penawaran

Kurva penawaran adalah suatu kurva yang menunjukkan hubungan antara harga sesuatu barang tertentu dengan jumlah barang yang ditawarkan. Dalam kurva penawaran perlu dibedakan antara dua pengertian yaitu penawaran dan jumlah barang yang ditawarkan. Penawaran berarti keseluruhan kurva penawaran. Adapun jumlah barang yang ditawarkan berarti jumlah barang yang ditawarkan pada suatu tingkat harga tertentu.

Untuk lebih jelasnya, simaklah model skedul dan kurva penawaran berikut.
Skedul dan kurva peawaran
skedul penawaran barang
*ralat jumlah yang diminta jadi jumlah yang ditawarkan
Kurva Penawaran
Kurva penawaran memiliki slope positif artinya kurva penawaran begerak dari kiri bawah ke kanan atas. Ini berarti bahwa antara harga barang X dan jumlah penawaran barang X mempunyai hubungan searah. Jadi, jika  harga barang X mengalami kenaikan maka jumlah barang X yang ditawarkan akan bertambah, dan sebaliknya jika harga barang X mengalami penurunan maka jumlah barang X yang ditawarkan akan berkurang. Apabila kurva penawaran dua individu (individu yang dimaksud adalah penjual) dijumlahkan maka kita akan men- dapatkan penawaran pasar (market supply).

Sama halnya dengan permintaan, penawaran terhadap suatu barang dapat dilihat dari dua sudut, yaitu penawaran yang dilakukan oleh seorang penjual dan penawaran yang dilakukan oleh semua penjual dalam pasar.

Penawaran pasar adalah jumlah sesuatu barang yang disediakan oleh semua penjual di pasar pada berbagai tingkat harga. Untuk memperoleh penawaran pasar, kita dapat menjumlahkan penawaran para penjual di pasar.

model skedul penawaran individu dan pasar


Dari skedul penawaran, bila penawaran Ita dan Robert dijumlah, maka akan didapat penawaran pasar. Kurva penawaran masing-masing individu dan penawaran pasar dapat dilihat berikut ini.

model kurva penawaran Ita
model kurva penawaran Robert
Model kurva penawaran pasar

Sumber :

Indriayu, Mintasih.2009. Ekonomi : Untuk SMA/ MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional 

10 comments:

nurul annisa said...

ini sangat membantu, terima kasih :)

Malik Muqtadir said...

terima kasih berkat artikel sobat sayang bisa menulis teori permintaan lengkap menurut pendapat para ahli ekonomi dalam blog kami tipepedia

Dwi Chamid said...

thanks sangat membantu...=D

Dwi Chamid said...

thanks ....artikelya sangat membantuu..

aL Piitha said...

kalo yang dimaksud anomali kurva penawaran itu apa min ??

Yusup Saputra Eman said...

anomali kurva penawaran berarti suatu keadaan menyimpang dimana ketika perubahan harga ataupun jumlah barang tidak berpengaruh terhadap kurva penawaran. ingat hukum permintaan dan penawaran akan berlaku dengan asumsi faktor lainnya konstan, itu berarti jika variabel lain tidak konstan maka hukum permintaan dan penawaran tidak berjalan sebagaimana mestinya. hal ini biasanya terjadi pada kondisi pasar persaingan tidak sempurna seperti pasar monopoli, oligopoli, monopsoni, oligopsoni, dan lain sebagainya,.... semoga membantu,....

yolanda putri said...

Thanks.sangat mmbantu

Yan putra paipin said...

Apa yang berlaku pada harga 300

aprilldella aprill said...

Kalo yg diketahui cuma fungsinya saja. Bagaimana rumus mencari skedul nya?
Misal : Qd=12-5p. Berapa skedul permintaan individu??
Trima kasih

Arbain Naswa said...

Terimakasi😄semoga dgn ini usbn saya nilainya baik🙏