Wednesday, July 30, 2014

Rumah Tangga Negara (Pemerintah)

“Hai guys,..... ekonomi kelas x .blogspot.com kali ini akan membahas tentang Rumah Tangga Negara (Pemerintah). Postingan  ini diharapkan kalian dapat menganalisis dan menyajikan peran dari pelaku-pelaku ekonomi.”

Sama seperti Rumah Tangga Konsumsi (RTK) dan Rumah Tangga Produksi (RTP), pemerintah (negara) dapat dipandang sebagai suatu unit ekonomi atau rumah tangga yang menghasilkan barang dan jasa tertentu untuk kepentingan umum. Pemerintah yang dimaksud adalah badan-badan yang bertugas untuk mengatur kegiatan ekonomi. Badan-badan ini akan mengawasi kegiatan rumah tangga konsumsi dan rumah tangga produksi supaya mereka melakukan kegiatan dengan cara yang wajar dan tidak merugikan masyarakat secara keseluruhan.

Badan-badan pemerintah tersebut antara lain:
a. Departemen Penanaman Modal,
b. Badan Penanaman Modal,
c. Bank Sentral,
d. Parlemen,
e. Pemerintah Daerah, dan
f. Angkatan Bersenjata.

Hasil kegiatan produksi (output) yang dilakukan pemerintah sebagian besar berupa jasa-jasa yang diselenggarakan untuk masyarakat secara keseluruhan dan pada dasarnya tidak diperjual belikan di pasar. Oleh karena itu disebut jasa-jasa publik atau jasa kolektif seperti keamanan, pertahanan, pemerintahan, pengadilan, dan hubungan politik dengan luar negeri. Adapun input yang dibutuhkan pemerintah adalah sumber-sumber daya insani seperti pegawai, tentara, polisi, dokter, guru, gedung, mobil, tekstil, kertas, sumber daya alam, manajemen, ilmu pengetahuan/teknologi.

Kegiatan ekonomi pemerintah bila digambarkan dalam skema terlihat berikut ini.



Pada skema diatas, Pemerintah hadir diantara pasar otput barang dan jasa yang disediakan oleh Rumah tangga Produksi (RTP) dengan pasar faktor produksi yang disediakan oleh Rumah Tangga Konsumsi (RTK). Pemerintah melakukan belanja pada pasar faktor produksi dengan memberikan balas jasa upah kepada Rumah Tangga Konsumsi (RTK) dan belanja pada pasar output barang dan jasa dengan memberikan balas jasa keuntungan atau laba pada Rumah Tangga Produksi (RTP) sementara itu Pemerintah memberikan pelayanan-pelayanan jasa publik kepada Rumah Tangga Produksi (RTP) dan Rumah Tangga Konsumsi (RTK) antara lain berupa subsidi dengan mendapatkan balas jasa berupa pajak dari RTP dan RTK.

Dengan demikian, Pemerintah sebagai pelaku ekonomi juga mempunyai peran seperti RTK dan RTP. Berikut ini beberapa peran pemerintah.

a. Sebagai Produsen

Pemerintah sebagai produsen, memproduksi barang dan jasa untuk kepentingan masyarakat umum dengan cara menguasai cabang-cabang produksi yang penting dan menguasai hajat hidup orang banyak melalui badan-badan usaha milik negara. Contoh produksi pesawat terbang yang dilakukan PT Dirgantara Indonesia, produksi pupuk Petrokimia di Gresik, industri semen di Cibinong, Bogor, dan Gresik.

b. Sebagai Konsumen
Pemerintah dalam menjalankan kegiatan produksinya membutuhkan barang dan jasa, tenaga kerja, peralatan untuk keperluan pendidikan, kesehatan, administrasi kantor pemerintah, senjata untuk keperluan pertahanan dan keamanan, dan sebagainya.

c. Sebagai Pengatur dan Pengendali

Pemerintah berperan sebagai pengatur dan pengendali kegiatan perekonomian negara dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan. Kebijakan-kebijakan itu misalnya menurunkan tingkat pengangguran dan tingkat inflasi, menciptakan keseimbangan neraca pembayar- an, dan sebagainya. Selain itu, pemerintah juga melakukan pengawasan terhadap kegiatan- kegiatan yang dilakukan oleh RTK dan RTP agar melakukan kegiatan yang wajar dan tidak merugikan masyarakat secara keseluruhan.

Sumber :
Indriayu, Mintasih.2009. Ekonomi : Untuk SMA/ MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

1 comment:

Amelia memot said...

wahh sangat bermanfaat sekali..
kunjungi blogspot kami yang semoga bermanfaat juga untuk anda sperti blog ini bermanfaat untuk saya.
Terima Kasih..
Proses pembuatan
seragam batik solo printing

Proses pembuatan seragam batik tulis solo