Wednesday, July 30, 2014

Rumah Tangga Konsumsi (Konsumen)

“Hai guys,..... ekonomi kelas x .blogspot.com kali ini akan membahas tentang Rumah Tangga Konsumsi (Konsumen). Postingan  ini diharapkan kalian dapat menganalisis dan menyajikan peran dari pelaku-pelaku ekonomi.”

Rumah Tangga Konsumsi adalah pemilik berbagai faktor produksi yang tersedia dalam perekonomian. Rumah tangga menyediakan tenaga kerja dan tenaga usahawan. Selain itu, sektor ini memiliki faktor-faktor produksi lain, yaitu kekayaan alam, tanah, dan bangunan. Rumah tangga produksi membeli faktor-faktor produksi dari Rumah Tangga Konsumsi/ Konsumen dalam kegiatan produksinya. Sebagai imbalannya atas penggunaan faktor produksi, Rumah Tangga Poduksi/ Produsen membayar balas jasa berupa gaji, upah, sewa, bunga, dan sebagainya pada Rumah Tangga Konsumsi/ Konsumen. Balas jasa ini merupakan pendapatan yang diterima oleh Rumah Tangga Konsumsi/ Konsumen. Pendapatan ini akan dibelanjakan untuk konsumsi barang dan jasa pada Rumah Tangga Poduksi/ Produsen. Rumah Tangga Poduksi/ Produsen akan menerima pendapatan dari Rumah Tangga Konsumsi/ Konsumen dari kegiatan konsumsinya. Pendapatan yang diterima rumah tangga konsumsi ini akan dibelanjakan untuk konsumsi barang-barang dan jasa kebutuhan sehari-hari yang dihasilkan rumah tangga produksi (produsen).

Dengan demikian antara rumah tangga konsumsi dan rumah tangga produksi terjadi arus perputaran barang dan jasa. Arus perputaran barang dan jasa antara rumah tangga konsumsi dan rumah tangga produksi dapat digambarkan dengan skema berikut ini.



Pada skema di atas, terlihat pada aliran satu rumah tangga konsumsi melakukan pembelian (konsumsi) barang dan jasa di pasar barang dan jasa yang ditawarkan rumah tangga produksi. Dari kegiatan ini perusahaan menerima pendapatan berupa laba (keuntungan). Sedangkan pada pasar faktor produksi rumah tangga produksi membeli faktor-faktor produksi yang ditawarkan rumah tangga konsumsi dan membayarnya. Pembayaran balas jasa atas penggunaan faktor-faktor produksi oleh rumah tangga produksi merupakan pendapatan rumah tangga konsumsi.

Pelaku dari Rumah Tangga Konsumsi (RTK) disebut sebagai konsumen. Konsumen adalah orang-orang atau badan-badan yang melakukan kegiatan menggunakan dan menghabiskan sebagian atau keseluruhan nilai dari suatu barang dan jasa (konsumsi). Rumah Tangga Konsumsi (RTK) kaitannya dengan kegiatan ekonomi yang dilakukan, mempunyai beberapa peran berikut ini.

a. Sebagai Produsen

Rumah Tangga Konsumsi (RTK) merupakan pemilik berbagai faktor-faktor produksi yang menyediakan sumber-sumber produksi bagi Rumah Tangga Produksi (RTP). Sumber-sumber produksi ini meliputi; alam, tenaga kerja, kekayaan (permodalan), dan tenaga usahawan (kewirausahaan).

b. Sebagai Konsumen

Rumah Tangga Konsumsi (RTK) sebagai pemilik faktor-faktor produksi akan mendapatkan balas jasa dari Rumah Tangga Produksi (RTP) atas penggunaan sumber-sumber daya yang disediakan. Balas jasa ini merupakan pendapatan rumah tangga konsumsi yang digunakan untuk mengonsumsi barang-barang dan jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga produsen dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup.

Sumber :
Indriayu, Mintasih.2009. Ekonomi : Untuk SMA/ MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

2 comments:

Amelia memot said...

wahh sangat bermanfaat sekali..
kunjungi blogspot kami yang semoga bermanfaat juga untuk anda sperti blog ini bermanfaat untuk saya.
Terima Kasih..
Proses pembuatan
seragam batik solo printing

Proses pembuatan seragam batik tulis solo

gian kusuma said...

hebat kali niiich. aku makin pintar bacah inich. sangat bermanfaaat.
. muuuucihh. muach 😘