Wednesday, July 30, 2014

Pelaku Kegiatan Ekonomi

“Hai guys,..... ekonomi kelas x .blogspot.com kali ini akan membahas mengenai pelaku kegiatan ekonomi. Melalui postingan ini, diharapkan kalian dapat menganalisis dan menyajikan peran dari pelaku-pelaku ekonomi.”

Tahukah kalian? Manusia melakukan pelbagai kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhannya yang banyak dan beragam. Banyak permasalahan yang dihadapi manusia dalam melakukan kegiatan ekonomi. Oleh karenanya manusia membuat dan merancang suatu sistem ekonomi untuk mengatasi permasalahan ekonomi yang dihadapi manusia. Suatu sistem ekonomi dapat berjalan jika ada pelaku-pelaku ekonomi di dalamnya.

Nah sekarang siapa itu pelaku ekonomi?

Pelaku ekonomi merupakan subjek baik perorangan maupun badan (organisasi) atau pemerintah yang melakukan kegiatan ekonomi (produksi, konsumsi, dan distribusi).

Sebelum lebih jauh kita membicarakan tentang pelaku ekonomi, mari kita bahas sedikit mengenai kegiatan ekonomi. Ada tiga kegiatan di dalam ekonomi yakni produksi, konsumsi dan distribusi.

1.    Produksi, merupakan kegiatan merubah barang mentah menjadi setengah jadi atau barang jadi sehingga menghasilkan produk baru. Pelaku dari kegiatan ini disebut produsen.
2.    Konsumsi, merupakan kegiatan yang menghabiskan barang dan jasa yang diproduksi sehingga nilai dari barang tersebut berkurang atau bahkan habis sama sekali. Pelaku dari kegiatan ini disebut konsumen.
3.    Distribusi, merupakan kegiatan menyalurkan barang yang di produksi oleh produsen ke tangan konsumen dengan tujuan untuk memperoleh balas jasa dari kegiatannya tersebut. Pelaku dari kegiatan ini disebut sebagai distributor.

Pelaku-pelaku ekonomi dibedakan menjadi empat golongan, yaitu:
1. Rumah Tangga Konsumsi (Konsumen),
2. Perusahaan (Rumah Tangga Produksi/produsen),
3. Rumah Tangga Negara (Pemerintah/ Goverment), dan
4. Masyarakat Luar Negeri.

Sumber :
Indriayu, Mintasih.2009. Ekonomi : Untuk SMA/ MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

No comments: