Tuesday, July 16, 2013

Struktur Pasar


Struktur Pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.

Dengan demikian dapat kita ketahui bahwa komposisi pasar terdiri atas seluruh perusahaan dan konsumen yang ingin dan mampu membeli serta menjual barang tertentu baik secara tunai maupun kredit. Jumlah penjual (perusahaan) dan pembeli (konsumen) antara satu pasar dan pasar lainnya tidaklah sama. Pada umumnya pasar tradisional terdiri atas banyak penjual dan pembeli.

Berdasarkan struktur pasarnya bentuk-bentuk pasar dibedakan menjadi sebagai berikut :
  1. Pasar Persaingan Sempurna merupakan pasar di mana tidak ada satu perusahaan (penjual) maupun konsumen (pembeli) yang secara individual dapat memengaruhi harga yang berlaku di pasar.
  2. Pasar Persaingan tidak Sempurna merupakan pasar yang terbentuk  jika salah satu syarat dari pasar sempurna tidak terpenuhi.

 

No comments: