Monday, May 27, 2013

Konsep-konsep Tekait Inflasi

Ada beberapa istilah yang berkaitan dengan inflasi :

1. Deflasi

Deflasi merupakan kecenderungan harga-harga barang dan jasa secara umum mengalami penurunan. Deflasi secara umum dapat dikatakan sebagai lawan kata dari inflasi. Keadaan deflasi juga membawa dampak buruk sebagaimana inflasi, yaitu antara lain :

Permintaan masyarakat menjadi meningkat dan bahkan tidak terkendali karena barang dan jasan mengalami penurunan harga. Permintaan yang tak terkendali terebut, bila sampai melebihi penawaran yang ada, akan menyebabkan terjadinya kenaikan harga.

Deflasi juga menyababkan nilai investasi menurun karena masyarakat lebih suka menggunakna uangnya untuk membeli barang dan jasa. keadaan yang demikian tentunya menjadi hambatan untuk produsen untuk memeperoleh modal dan usaha pun tidak dapat berkembang dengan cepat.

2. Devaluasi

Devaluasi merupakan penurunan nilai mata uang karena kebijakan yang dilakukan pemerintah. Kebijakan penurunan nilai mata uang ini dilakukan pemerintah dengan tujuan memperbaiki posisi neraca perdagangan. Tingginya nilai mata uang dalam negeri menyebabkan neraca pembayaran sisi debet yang merupakan pembayaran ke luar negeri akan melebihi dari yang diterima.

3. Revaluasi

Revaluasi merupakan kebijakan pemerintah untuk menaikan nilai mata uang dalam negeri. Revaluasi pernah dilakukan Indonesia pada awal pemerintahan, semasa pemerintahan Perdana Menteri Syarifudin Prawiranegara dan terkenal dengan kebijakan "Gunting Syarifudin" karena pada masa itu nilai uang dipotong agar mengalami peningkatan dari Rp. 1.000,- menjadi Rp. 1,-.

4. Depresiasi

Depresiasi adalah penurunan nilai mata uang akibat penurunan penurunan di pasar valuta asing. Perbedaan depresiasi dan devaluasi yaitu pada penyebabnya. Lawan dari depresiasi adalah apresiasi

sumber : 
  • Pelajaran IPS Ekonomi Bilingual/ Khoirul Anwar. Cet I. Bandung : Yrama Widya, 2009

No comments: