Friday, May 24, 2013

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI DAN TABUNGAN


1. Tingkat Pendapatan
Pendapatan berpengaruh pada pola konsumsi masyarakat. Jumlah pendapatan yang sangat rendah yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok saja tidak memungkinkan untuk ditabung karena seluruh penda[patan digunakan untuk konsumsi. Y=C, S=0 dapat menyebabkan rendahnya tabungan. Antara pendapatan dan konumsi dan tabungan cenderung berhubungan positif.

2. Sikap Hidup
Sikap hidup yang suka berhemat mendorong seseorang untuk tidak menggunakan seluruh pendapatannya dan menabungnya sebagian. Sikap hidup hemat didaari oleh lingkungan, pendidikan, dan kesadaran akan kebutuhan dan keadaan masa depan.

3. Suku Bunga
Suku bunga yang tinggi mendorong orang untuk menabung karena hasil dari tabungan cukup besar. Suku bunga yang renadah akan mendorong untuk tidak menabung karena hasil yang diperoleh tidaklah seberapa sehingga orang merasa uang yang ditabung sama saja dengan dikonsumsi. Tingginya bunga dapat meningkatkan tabungan dan mengurangi tingkat konsumsi.

4. Adanya jaminan Pensiun dan Masa Depan
Pemerintah memberikan dana pensiunan kepada para mantan pegawai negeri. Ada sebagian perusahaan yang juga melakukannya. Hal tersebut dapat mengurangi mina menabung pegawai yang menerimanya karena telah ada kepastian masa depan dan hari tua. Sikap seperti itu uga bias dikarenakan kekayaan yang dimiliki sangat besar sehingga kekayaannya dapat didepositokan dan hasilnya tidak habis digunakan sampai hari tua.

5. Keadaan Ekonomi
Keadaan ekonomi yang stabil akan mendorong orang untuk berkonsumsi sedangkan keadan yang tidak stabil mendorong orang menabung karena untuk berjaga-jaga atas kondisi ekonomi ynag tidak menentu tersebut. Kondiis ekonomi yang tidak stabil dapat meningkatkan minat menabung masyarakat. Kestabilan ekonomi dan tingkat tabungan hubungannya lebih bersifat bertolak belakang.

No comments: