Tuesday, February 5, 2013

Produksi/ production

Kali ini saya akan membahas konsep produksi yang selalu kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. sebelum lanjut, tentunya kalian pernah melihat suatu barang misal saja buku. Untuk menghasilkan buku tersebut dibutuhkan suatu proses yang disebut sebagai kegiatan produksi. lebih lengkapnya kita simak uraian berikut .......

Apa itu produksi ?
Produksi adalah kegiatan menambah kegunaan barang sehingga menjadi barang baru yang lebih bermanfaat. Ada dua kegiatan produksi yakni produksi barang dan produksi jasa. Pada kegiatan produksi barang terdapat bahan dan berubah menjadi barang yang dapat diraba. Sedangkan pada produksi jasa hasil produksi merupakan pelayanan yang bukan berwujud benda yang bisa diraba.

Siapa yang melakukan kegiatan Produksi ?
Pelaku kegiatan produksi disebut sebagai produsen. merekalah yang melakukan segala kegiatan untuk menciptakan barang dan jasa yang nantinya dikonsumsi oelh konsumen.

Kegiatan produksi bertujuan untuk apa ?
Kegiatan produksi bertujuan untuk memenuhi semua kebutuhan dalam rangka mencapai kemakmuran. Dengan adanya kegiatan produksi, akan tercipta barang dan jasa yang dapat dikonsumsi oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya.

Bagaimana kegiatan produksi dilakukan ?
Dibutuhkan faktor-faktor produksi untuk memproduksi barang dan jasa, faktor-faktor itu adalah:
  • Alam, merupakan semua hal yang berasal dari alam yang dapat digunaklan dalam proses produksi.
  • Tenaga Kerja, merupakan semua yang berfungsi menjalankan kegiatan produksi.
  • Modal, merupakan semua hal yang berperan untuk menunjang kegiatan produksi. Modal ini bisa berupa uang, mesin, atau apapun yang dalam kegunaannya untuk menunjang keberlangsungan proses produksi.
  • Kewirausahaan, merupakan orang yang berperan untuk mengelola kesemua faktor produksi diatas dalam proses produksi sehingga dihasilkan barang dan jasa yang dapat dikonsumsi.
nah guys itulah sedikit tentang konsep produksi,...untuk lebih lengkapnya kan dibahas pada bahasan  selanjutnya pada pasar faktor produksi

Materi yang terkait :

No comments: