Saturday, January 21, 2012

Pengertian Ilmu Ekonomi


“Pada Kesempatan kali ini ekonomikelasx .blogspot.com akan membahas mengenai pengertian ilmu ekonomi. Materi ini saya ulas kembali guna untuk memudahkan kalian memahami konsep ekonomi mikro dan ekonomi makro”

Semenjak lahir, manusia memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai kemakmurannnya. Namun sayangnyna alat pemuas kebutuhan manusia sangatlah terbatas sehingga timbulah apa yang namanya kelangkaan (scarcity). Kelangkaan inilah yang menjadi permasalahan sehingga dibutuhkan  suatu studi komparatif yang dapat memecahkan masalah kelangkan tersebut.

Secara bahasa ekonomi berasal dari bahasa yunani, yakni oikos yang berarti aturan dan nomos yang berarti rumah tangga. Dengan demikian secara sederhana ekonomi memiliki arti sebagai aturan yang mengatur keuangan rumah tangga. Sedangkan secara istilah ekonomi berarti segala upaya yang dilakukan manusia agar kebutuhannya tercapai.

Seorang ekonom yang bernama Paul A. Samuelson mengartikan Ilmu Ekonomi sebagai “suatu studi mengenai individu-individu dan masyarakat untuk membuat suatu pilihan dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai macam barang untuk dikonsumsi, sekarang dan masa mendatang kepada berbagai individu dan golongan masyarakat”.

Terdapat tiga analisis dalam mempelajari ekonomi, yaitu ekonomi deskriptif, teori ekonomi, dan ekonomi terapan.



Ekonomi deskriptif merupakan analisis ekonomi yang menggambarkan keadaan sebenarnya (sesuai fakta) dalam perekonomian. Misalnya krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998 di Iondonesia. Perlu juga kita ketahui, bahwa mengetahui kenyataan dalam perekonomian belumlah cukup untuk mempelajari ilmu ekonomi. Yang terpenting adalah menyusun kenyataan yang ada secara sistematis dan membuat gambaran umum tentang kegiatan suati perekonomian beserta komponen-komponennya.

Ekonomi terapan merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang menelaah  tentang kebijakan yang perlu dilaksanakan untuk  mengatasi permasalahan-permasalahan yang timbul dalam perekonomian.

Sedangkan teori ekonomi adalah pandangan-pandangan yang menggambarkan sifat hubungan yang sebenarnya/ nyata dalam kegiatan ekonomi dan ramalan peristiwa yang akan terjadi apabila suatu keadan yang mempengaruhinya mengalami perubahan. Teori ekonomi dibagi menjadi dua yaitu teori ekonomi mikro dan teori ekonomi makro.

Sumber :
Eko, Yuli. 2009. Ekonomi  1 : Untuk SMA dan MA Kelas  X. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional : Jakarta.
Mulyati, sri Nur dan Mahfudz, Agus dan Permana, Leni. 2009. Ekonomi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional : Jakarta.


Materi terkait :

4 comments:

UII Official said...

Terimakasih Infonya
artikel yang bagus,
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
:)
twitter : @profiluii :)

Frisalia Dini said...

Artikelnya lengkap brow.. Lumayan bs jadi referensi belajar..
Tapi artikel-artikel di bab lain tolong dilengkapi ya, butuh banget buat belajar..
Makasi..

Anonymous said...

kerennn semuanya lengkap

Pengertian Ilmu Ekonomi said...

artikelnya sangat bermanfaat