Friday, September 9, 2011

Contoh Garfik Opportunity Cost dalam PPC/ Examples of Opportunity Cost Graph in PPC

Pengorbanan yang dilakukan untuk mendapatkan manfaat dari sebuah pilihan dalam aktivitas ekonomi disebut opportunity cost. Opportunity cost dari mendapatkan buku teks maka harus mengorbankan jumlah buku text jika uang membatasinya.

Salah satu cara untuk mengilustrasikan konsep opportunity cost ini secara geometris adalah dengan cara menggambar sebuah kurva yang disebut  production possibities curve (PPC), PPC adalah geometri yang menunjukkan konversi sumber daya ekonomi ke jumlah dua jenis pilihan ekonomi (baik barang atau jasa) yang dapat dijangkau.

Sebagai ilustrasi : jika kita memiliki uang sebesar Rp. 500.000,- maka kita mempunyai pilihan untuk membeli pakaian seragam sebanyak 5 stel atau membeli buku teks pelajaran sebanyak 10 buah. Maka dapat digambarkan dalam grafik PPC sebagai berikut :

*        *) Daerah yang diarsir berwarna biru menggambarkan jumlah seragam atau buku teks yang tak dapat dibeli sedangkan daerah arsiran berwarna merah menggambarkan jumlah seragam atau buku teks yang dapat dibeli.

Sumber :
  • Eko, Yuli. 2009. Ekonomi  1 : Untuk SMA dan MA Kelas  X. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional : Jakarta.
  • Mulyati, sri Nur dan Mahfudz, Agus dan Permana, Leni. 2009. Ekonomi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional : Jakarta.
Materi terkait : 

No comments: