Thursday, February 17, 2011

Ekonomi syariah

Guys,.....sistem ekonomi yang kita ketahui ada tiga sistem, yaitu ;
  1. Sistem ekonomi kapital (pasar), yang mengutamakan sektor swasta dalam perekonomiannya
  2. Sistem ekonomi komando(komunis/ sosialis), yang mengutamakan peranan pemerintah dalam perekonomiannya
  3. Sistem ekonomi campuran, yang memadukan antara sistem ekonomi kapital (pasar) dan sistem ekonomi komando (komunis/ sosialis)
Selain ketiga sistem di atas masih terdapat sistem lain yang digunakan di negara-negara di dunia. sistyem yang keempat yaitu sistem ekonomi syariah. dalam sistem ekonomi syariah terdapat penentangan eksploitasi oleh pemilik modal terhadap buruh yang miskin seperti yang terjadi dalam sistem ekonomi pasar selain itu sistem ini juga melarang penumpukan kekayaan oleh individu. Hal itu terlihat dari adanya zakat yang wajib dikeluarkan oleh si kaya, dengan demikian kekayaannya pun aklan terbatasi sehingga pemisah antara si kaya dan si miskin pun akan diperkecil bahkan hilang sama sekali.  Selain itu, ekonomi dalam kaca mata Islam merupakan tuntutan kehidupan sekaligus anjuran yang memiliki dimensi ibadah. Oleh karenanya segala sesuatu yang bersangkutan dengan kegiatan ekonomi diatur oleh agama.
Jika demikian mirip donk ama sistem ekonomi komando,...?

Sistem ekonomi syariah berbeda dengan sistem ekonomi komando, karena disini negara tidak sepenuhnya membatasi hak individu untuk menumpuk modal. Yang ditekankan disini adalah para pemilik modal juga harus memperhatikan para kaum miskin termasuk pekerjanya sehingga tidak terlalu dieksploitasi serta kekayaan akan terbnatasi tanpa membatasi hak-hak dari individu untuk menjadi kaya. 

Sampai saat ini sangat jarang negara yang menerapkan sistem ini, jika ada pun itu tidaklah sepenuhnya syariah alias masih mencapurnya dengan sistem ekonomi lain. Contohnya adalah negara Uni Emirat Arab yang diakui dunia sebagai pilar kekuatan ekonominya negara-negara arab (alias negara islam).

So moga-moga pengetahuan singkat ini dapat menambah wawasan kita,...masih banyak cerita lainnya tentang ekonomi syariah,......tentunya kita harus terus belajar dengan mencari dan terus mencari ilmu yang memang akan berguna bagi kehidupan kita,.....

Ditunggu komentnya,.....jika ada yang kurang mohon untuk ditambahkan,....atau jika salah koreksi ya,......

No comments: