Sunday, April 4, 2010

Pengertian Uang

Pada  mulanya  selalu  berusaha  memenuhi  segala kebutuhannya  dengan cara menghasilkan sendiri barang dan jasa yang mereka perlukan. Saat belum ada tukar menukar, apa yang mereka hasilkan mereka konsumsi sendiri. Jadi, antara produksi dan konsumsi belum ada pemisahan.

Seiring dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk dan kebutuhan, orang tidak lagi mampu menghasilkan sendiri seluruh kebutuhan yang mereka perlukan.  Hal  inilah  yang  mendorong  mereka  untuk  mencari  jalan  agar kebutuhan mereka dapat terpenuhi tanpa harus memproduksi sendiri barang-barang yang mereka perlukan, yaitu dengan cara mengadakan pertukaran atau yang sering dikenal dengan sistem barter.

Barter mampu mengatasi masalah ketidakmampuan memproduksi sendiri barang-barang yang diperlukan oleh manusia, namun kesulitan lain muncul, di antaranya sebagai berikut:

a. Kesulitan mempertemukan pihak-pihak yang saling membutuhkan.
b. Kesulitan menentukan acuan tukar atau nilai tukar.

Kesulitan-kesulitan  di atas  akhir nya mendorong  manusia  untuk  mencari cara  lain untuk  memenuhi  kebutuhan  hidupnya. Sampai akhir nya  ditemukan alat tukar yang disebut uang.

dikutip dari buku : 

No comments: