Sunday, April 19, 2009

Tingkat Pengembalian Modal

Suatu perusahaan melakukan investasi dengan tujuan memperoleh keuntungan. Untuk memperoleh keuntungan harus pandai-pandai dalam menghitung suku bunga. Pengusaha akan menanam modal jika tingkat pengembalian modal dari investasi yang dilakukan, yaitu persentase keuntungan yang akan diperoleh sebelum dikurangi dengan uang yang dibayar lebih besar dari bunga. Jadi, tingkat suku bunga sangat menentukan investasi. Seorang pengusaha akan memperoleh keuntungan jika tingkat keuntungan yang akan diperoleh lebih besar dari suku bunga yang harus dibayar.

Suatu perusahaan dapat menghitung tingkat pengembalian modal atau keuntungan dari investasi yang dilakukan melalui 2 cara sebagai berikut:

a. Menghitung Nilai Sekarang

Suatu kegiatan investasi dapat dikatakan memperoleh keuntungan, apabila nilai sekarang pendapatan di masa depan lebih besar daripada nilai sekarang modal yang diinvestasikan. Nilai sekarang pendapatan di masa depan dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut ini.

Keterangan:

M = nilai sekarang pendapatan yang diperoleh di antara tahun 1 hingga tahun n

Y1, Y2, . . ., Yn = pendapatan neto (keuntungan) perusahaan antara tahun 1 hingga tahun n

r = suku bunga

b. Menentukan Tingkat Pengembalian Modal

Pendapatan yang diterima dari suatu kegiatan investasi biasanya akan diterima dalam beberapa tahun. Mungkin dalam dua tahun pertama keuntungan belum diperoleh, dan baru menginjak tahun ketiga mendapatkan keuntungan.

Tingkat pengembalian modal dinyatakan dalam persen dan menggambarkan tingkat keuntungan rata-rata per tahun dari modal yang diinvestasikan. Untuk menghitung tingkat pengembalian modal menggunakan rumus sebagai berikut.

Keterangan:

M = nilai modal yang diinvestasikan

Y1, Y2, Y3 = pendapatan neto (keuntungan) yang diperoleh dari tahun 1 hingga tahun n

R = tingkat pengembalian modal

Dalam rumus di atas nilai yang akan dihitung adalah R, karena M dan Y1 hingga Yn sudah diketahui nilainya. Suatu investasi dikatakan menguntungkan jika nilai R lebih besar daripada suku bunga.

1 comment:

Komunitas Stempel Merah said...

salam.
saya ingin meneliti tentang kegiatan proyek investasi di kota saya.. . adapun yang di teliti adalah apakah proyek investasi ini berjalan dengan sesuai harapan atau tidak....
kira-kira apa yang saya harus cari untuk mendukung kegiatan penelitian saya...
mohon bimbingan dan masukan...

mohon di blz ke dew_merah@yahoo.com atau ke adrimajid9@Gmail.com

terimakasih sebelumnya.
adri.