Sunday, April 19, 2009

Pengertian Investasi

Investasi adalah pengeluaran dari perusahaan atau penanam modal untuk membeli barang-barang modal dan perlengkapan-perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan memproduksi barang dan jasa yang tersedia dalam perekonomian.

Beberapa jenis pengeluaran yang digolongkan sebagai investasi meliputi sebagai berikut.

  1. Pembelian bermacam-macam barang modal yang meliputi mesin-mesin dan peralatan produksi untuk mendirikan berbagai jenis industri dan perusahaan.
  2. Pengeluaran untuk mendirikan rumah tempat tinggal, bangunan kantor, bangunan pabrik, dan bangunan lainnya.
  3. Penambahan nilai stok barang yang belum terjual, bahan mentah, dan barang yang masih dalam proses produksi pada akhir tahun penghitungan pendapatan nasional.

15 comments:

Ucup bloG said...

untuk murid-muridku yang cuakep-cuakep, jangan lupa isi komentar dengan nama and kelas kalian-ya!!!

Imaginary of vie said...

Vicky Destiawan
X-G

Bapa, kalo investasi sama saham apa bedanya ?? trus apa hubungannya ??

name of thycka said...

Kartika Widya Putri
X.G

ga usah nanya y pa.,
hehehe

gtauahahaha said...

Vinessa
X-G

Bapak, inflasi punya pengaruh ke investasi g pak ?

Ucup bloG said...

Maafin bapakya, pertanyaannya baru dijawab sekarang.
buat vicky, investasi dan saham itu berbeda. saham merupakan surat berharga kepemilikan sebuah perusahaan perseroan terbatas (PT.) sedangkan investasi merupakan penanaman modal yang digunakan untuk membeli barang-barang modal guna menambah daya memproduksi suatu barang atau jasa. Memang, saham merupakan bagian dari investasi (salah satu prodak investasi) karena perolehan uang dari penjualan saham akan digunakan untuk menambah modal perusahaan. Akan tetapi perlu di ingat bahwa "saham itu bagian dari investasi, tapi investasi itu banyak tidak berupa saham, contohnya pembelian mesin jahit untuk mempercepat proses penjahitan baju."

dan untuk vinessa, inflasi benar berpengaruh terhadap investasi. Kita tahu bahwa infestasi merupakan kenaikan harga yang berlangsung secara terus-menerus dan salah satu penyebabnya adalah karena jumlah uang yang beredar di masyarakat terlalu banyak. Nah biasanya jika terjadi inflasi suku bunga bank akan naik, dan orang-orang akan lebih memilih mendepositokan uangnya di bank ketimbang menginvestasikan uangnya di bursa saham maupun sektor riil. jadi jika inflasi meningkat, maka investasi menurun begitupun sebaliknya.

reza said...

reza dwi XG
assalamualaikum wr.wb
bapa,mau tanya
apakah indonesia sudah dilirik oleh para investor(penanam modal)?
kalau belum,kenapa?
kalau sudah,kenapa?

makasih ya
wassalam

reza said...

nita XH

bapak no comment...

reza said...

indah XG

pak teu ngarti euy.hehe

Ucup bloG said...

Wa'alaikum salam reza,
Indonesia merupakan negara yang sangat kaya, makanya investor dari luar negeri sudah melirik indonesia sejak dulu kala. contohnya saja AS yang sudah menanamkan modalnya besar sekali di negara kita, contohnya banyak berdiri industri-industri di daerah tanggerang yang bersumber dari pendanaan luar negeri, tapi katanya terkadang investor luar negeri enggan berinvestasi di Indonesia.
alasannya adalah di indonesia terlalu banyak peraturan yang mengekang para pengusaha ditambah banyaknya pejabat yang korup, namun waktu ke waktu terjadi perubahan menuju ke arah yang lebih baik dan katanya saat ini mulai tumbuh persepsi positif dari dunia internasional kepada kita....

reza said...

reza dwi XG

eh bapak ketinggalan.....

terus sektor apa yang paling banyak diminati oleh para investor??


baguslah blognya
makasih pak
hatur nuhun

Ucup bloG said...

untuk saat ini masih sektor pertambangan...

makacih pujiannya....

kelassepuluhG said...

M.fadhil XG

apa keuntungan dan kerugian investasi di masa krisis sekarang ini?

kelassepuluhG said...

nita XH

pak mau tanya,terjadinya suku bunga karena apa?

kelassepuluhG said...

rini X G

bapak gak koment ya...hehehe

Ucup bloG said...

Trims mo datang,
Fadhil keuntungan investasi tetap yang paling utama adalah memperoleh laba. Namun jika dilihat secara makro keuntungan yang paling terasa adalah bertambahnya lapangan kerja dan berkurangnya pengangguran.

and nita, suku bunga merupakan salah satu kebijakan pemerintah. Bank sentrallah (BI) yang menaikan dan menurunkan toingkat suku bunga, jika jumlah uang beredr naik, bungan dinaikan dan jika jumlah uang beredar turun maka tingkat suku bunga diturunkan. Jika jumlah uang beredar terlalu banyak akan terjadi inflasi, begitupun sebaliknnya akan terjadi deflasi. oleh karenanya penting untuk mengendalikan jumlah uang beredar dengan tingkat suku bunga